Artikel

Vaksin PMK Massal Di Desa Tuwirikulon

08 Februari 2023 11:46:34  Admin  408 Kali Dibaca  Berita Desa

Petugas Kesehatan dari Dinas Peternakan Kabupaten Tuban adakan vaksin PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) pada ternak secara massal di Desa Tuwirikulon Kecamatan Merakurak, Rabu 8/2/23.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari dengan berkeliling di seluruh kandang milik peternak,

Sebanyak 300 lebih ternak telah divaksin dosis satu serta akan dilanjutkan vaksin kedua dengan jarak satu bulan, dan vaksin boster diberikan enam bulan setelah vaksin kedua.

Vaksin tersebut bertujuan untuk pencegahan agar ternak mempunyai antibody untuk melawan virus PMK, terlebih saat ini virus tersebut bermutasi untuk gelombang kedua

dengan hal tersebut rencananya akan diberlakukan  peraturan untuk semua pelayanan kesehatan ternak seperti periksa kesehatan dan suntik kawin harus sudah divaksin.

Dokter hewan Drh. Afik Kushardianto, mengatakan ada beberapa kendala  dalam proses vaksinasi yakni ada sebagian masyarakat yang masih takut dan kawatir pada ternaknya untuk di vaksin dalam keadaan hamil, kemudian medan dan jarak kandang yang beragam, terkadang juga petugas kesehatan harus berjibaku untuk mengendalikan ternak, seperti sapi.

“Kami himbau untuk masyarakat tidak usah kawatir walaupun ternak dalam kondisi hamil karena vaksin ini cukup aman, dan harapan kami untuk wilayah merakurak semua ternak sudah divaksin, minimal dosis Satu”, tambahnya.

 

http://www.tuwirikulon-merakurak.desa.id/

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Profil Desa Tuwiri Kulon

Peta Desa

Agenda

Belum ada agenda

Info Media Sosial